Surau TV

Banner

Panggung Seni Rakyat

Disdikbud Gelar Lomba Membuat dan Menaikkan Layang - Layang Tingkat SD

Image
Friday, 16 August 2019 | 16:13:24 WIB


DUMAI, NUSAPOS - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai menyelenggarakan Panggung Seni Rakyat Lomba Membuat dan Menaikkan Layang - Layang tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Dumai Barat, Kamis (15/8/2019) di Pantai Purnama.

“Alhamdulillah kegiatan yang kita laksanakan dari pagi hingga petang berjalan lancar dan sukses. Total peserta sebanyak 60 orang berasal dari SD Se Kecamatan Dumai Barat dan anak-anak yang berada di sekitar pantai purnama,” ungkap Ketua Panitia, Ali Ibnu Amar, Kamis petang (15/8/2019).

Ia menyebutkan, lomba ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi kepada para murid Sekolah Dasar agar mereka mendapatkan pengetahuan bagaimana cara membuat layang-layang WAW.

“Selain itu, agar tumbuh minat para murid untuk terus melestarikan permainan rakyat ini,” sebutnya.

Kegiatan ini, kata Ali, juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74. Pihaknya juga dibantu oleh Sanggar Layang-Layang Purnama yang dipimpin oleh Bapak Amronsyah yang juga sebagai Duta Budaya Kota Dumai dalam Kategori Pelestari Permainan Rakyat.

“Juri berasal dari para pelaku permainan rakyat layang-layang waw yang ada di Kota Dumai,” tukasnya.

Selain lomba - layang, kegiatan yang berlangsung di Pantai Purnama salah satu tempat wisata di Kota Dumai tersebut, Disdikbud Dumai juga menampilkan beberapa tarian daerah dari sanggar - sanggar yang ada di Kota Dumai dan juga penampilan band.

Amronsyah dari Sanggar Layang - Layang Purnama menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan ini. Karena, selain untuk melestarikan permainan rakyat, dengan bisa membuat layang - layang WAW juga bisa menambah penghasilan keluarga.

“Tetapi bagi anak - anak, tentunya dengan bisa membuat layang - layang, ada kebanggaan tersendiri bagi diri mereka. Apalagi di zaman milenial ini, kebanyakan waktu anak - anak sudah habis digengamannya (gadget),” ujarnya.

Ia berharap event - event permaian rakyat seperti ini agar secara terus menerus dilaksanakan. “Kalau bisa 3 bulan sekali lebih baik. Mulai tingkat anak - anak hingga dewasa dan pihaknya juga siap mensupport Pemerintah dalam melestarikan seni dan budaya Kota Dumai,” tukasnya.

Sumber : -

Laporan : Dika

Editor : Red

loading...